Uncategorized
Bahaya Duduk Terlalu Lama, Awas Saraf Kejepit

Bahaya Duduk Terlalu Lama, Awas Saraf Kejepit

Duduk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh, salah satunya saraf terjepit. Sebelum itu terjadi, Anda sebaiknya harus menghindari.

Duduk terlalu lama dan sembarangan menggunakan objek kursi yang ceroboh, ternyata dapat berdampak pada kesehatan seseorang salah satunya pengaruh pada kondisi tulang belakang seseorang.

Apalagi jika duduk dengan alas yang keras. Hal itu bisa menyebabkan saraf di daerah pinggul terjepit.

Risiko yang bisa dialami adalah munculnya nyeri pada bagian punggung yang bisa menjalar ke bagian kanan dan kiri.

“Risikonya juga banyak seperti sulit beraktivitas,” kata dokter spesialis bedah saraf Dr dr Muhammad Faris SpBS(K)Spine, FINSS di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan, Surabaya dikutip dari GenPI.co Jatim, Kamis (26/5).

Selain itu, gangguan saraf atau saraf terjepit di bagian belakang tubuh dapat mempengaruhi kemampuan berjalan jarak jauh.

“Kemampuan berjalan semakin lama semakin pendek disertai nyeri pada kaki. Biasanya bisa jalan 100 meter, sekarang hanya mampu berjalan 50 meter. Nah, itu biasanya tanda-tanda adanya saraf terjepit di punggung,” jelasnya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jika seseorang harus bekerja di depan layar komputer dan duduk untuk waktu yang lama, mereka harus meregangkan otot secara teratur. 

“Misalnya duduk lama kerja dan harus melakukan peregangan. Jadi, kaya streaching (peregangan) gitu,” jelasnya.

Jika mereka sudah mengalami gejala tersebut, masyarakat diminta untuk segera melakukan proses pemeriksaan ortho MRI untuk mengetahui kondisi gangguan yang terjadi.

Ortho MRI untuk melihat syaraf-syaraf yang terkunci. Penyembuhan selalu melihat awal dari penyumbatan, itu bisa terapi atau operasi, tergantung pemeriksaan dokter. Operasi itu mempunyai minimal efek, minimal kelumpuhannya dan sangat jarang terjadi,” katanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *